Jumat, 01 Desember 2017

YAHUDI BANGSA PERTAMA YANG MENGETAHUI BAHWA YESUS LAHIR KARENA MALAIKAT MEMBERITAHUKANNYA SEBAGAI PERANTARA (Lukas 2:9-14) - PAPUA BANGSA DI UJUNG TIMUR SEBAGAI BANGSA PERTAMA YANG MENGETAHUI TUHAN YESUS LAHIR TANPA PERANTARAAN MALAIKAT (Matius 2:2, 11)

Oleh
Frank Hamah Sagrim


Atas dasar ini maka Dominee I. S. KIJNE bernyanyi bersama orang Israel dan Papua dalam Nyanyian Rohani 30:2 & 3
Ayat 2 KIJNE bernyanyi bersama gembala Efrata orang Yahudi Israel

Bangunlah, gembala, 
 lihat t'rang besar,
Dengar berita sorga dan bergemar:
Sungguh malam ini tuhan yesus lahirlah, cari kanak-kanak yang
Di palungannya!
Salam-salam

Gembala di padang Efrata dibangunkan oleh seorang malaikat yang mengabarkan kepada mereka bahwa JURU SELAMAT TELAH LAHIR BAGIMU.
Lukas 2:4-19 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.”
Mendengar itu, Gembala di padang Efrata pergi dan melihat dan menemukan ternyata semua yang dikatakan malaikat itu benar, lalu Gembala Efrata menyampaikan semua yg dikatakan malaikat tentang bay itu kepada Maria tetapi mereka tidak sujud menyembah YESUS. Lukas 2:15-20.
Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: “Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.” Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Elohim karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.
Tetapi orang Majus dari negeri timur bangsa ujung bumi (Papua) mengetahui kelahiran YESUS KRISTUS dengan melihat bintang-Nya di timur mereka mengetahui bahwa itu adalah bintang milik Yesus.
Wahyu 22:16 “Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.”

Orang majus melihat dan mengetahui bintang YESUS yang berjalan dari timur maka mereka bergegas mengikutinya hingga sampai di Betlehem dan mereka bertanya-tanya di manakah raja orang Yahudi itu lahir barulah Raja Herodes Kaget, tetapi orang Majus terus mencari dan mendapati YESUS KRISTUS di dalam palungan dan mereka sujud menyembah, dan memberikan persembahan Emas, Kemenyan dan Mur.
Matius 2:1-3; 9-11, Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.” Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada. Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.
Atas dasar inilah DOMINEE I.S. KIJNE bernyanyi bersama orang Papua dalam nyanyian Rohani No. 30:3
Orang majus datang, 'nurut bintang-nya, hendak mencari tuhan
Dan menyembah.
Mas dan kemenyan dan mur dipersembahkannya
Akan hormat raja dan juru s'lamatnya
Salam, salam.

Ketika tahun 1930-an, DOMINEE I.S. KIJNE menangkap standard kebangsaan Papua dalam ketetapan TUHAN di timur jauh ujung bumi, bahwa kelahiran YESUS KRISTUS di Betlehem, hanya dua bangsa yang mengetahuinya, pertama bangsa YAHUDI ISRAEL dan yang kedua bangsa,
NEGERI TIMUR PAPUA.
ISRAEL DIPILIH TUHAN
PAPUA DIPANGGIL TUHAN
Terpujilah Nama Tuhan



Yesaya 60:3 Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOMINEE I. S. KIJNE MENINGGALKAN TIGA PESAN PENTING SEBAGAI DASAR KEBANGKITAN PAPUA BAGI TUHAN YAKNI, DIDIKLAH ANAK-ANAK PAPUA UNTUK: PAGI BERPIKIR, SIANG BEKERJA DAN MALAM BERNYANYI

Oleh Frank Hamah Sagrim      Didiklah anak-anak Papua untuk pagi berpikir, siang bekerja dan malam bernyanyi, sebab anak-anak P...