Jumat, 01 Desember 2017

DOMINEE I. S. KIJNE MENINGGALKAN TIGA PESAN PENTING SEBAGAI DASAR KEBANGKITAN PAPUA BAGI TUHAN YAKNI, DIDIKLAH ANAK-ANAK PAPUA UNTUK: PAGI BERPIKIR, SIANG BEKERJA DAN MALAM BERNYANYI

Oleh
Frank Hamah Sagrim



     Didiklah anak-anak Papua untuk pagi berpikir, siang bekerja dan malam bernyanyi, sebab anak-anak Papua sangat rajin bekerja dan mereka bisa bekerja bagi bangsa dan negerinya sendiri demi kemuliaan nama TUHAN, Mansinam 1923. Dua tahun kemudian setelah pernyataan I. S. KIJNE ini di Mansinam tanah orang Arfak, dia pindah ke Wasior-Wondama dan pada tanggal 25 Oktober 1925 deklarasi peradaban bagi kebangkitan Papua dilakukan di atas batu karang yang kuat, kini batu itu dimaknai sebagai batu peradaban Papua di Miei dengan ucapan "DI ATAS BATU INI SAYA MELETAKKAN PERADABAN BANGSA INI, SEKALIPUN BANGSA LAIN DENGAN MARIFAT DAN KEPANDAIAN YANG TINGGI TIDAK AKAN MEMIMPIN BANGSA INI TETAPI BANGSA INI AKAN BANGKIT MEMIMPIN DIRINYA SENDIRI".

     Kebangkitan Papua saat ini menjadi manusia di atas tanahnya sendiri adalah buah dari proklamasi peradaban yang dilakukan oleh I.S. KIJNE di Miei “Bangsa ini akan bangkit untuk memimpin dirinya sendiri”. 
Penting untuk dimaknai bahwa sekalipun di tanah ini banyak tantangan namun tetap sabar dan bertahan dan berjuanglah terus dalam perjuangan kudus, karena di atas tanah ini Yesus Kristus adalah pokok kekuatan Papua yang tentunya akan memberikan kekuatan.

Atas dasar itu maka I.S. KIJNE bernyanyi bersama orang Papua dalam nyanyian rohani 86:1

Tahanlah dan berjuang t'rus
Dalam perjuangan kudus
Kristuslah pokok kuatmu
Dan kemenanganmu tentu

Ayat yang ketiga I. S. KIJNE menasehati orang Papua agar jangan tersesat dan tergoda dengan hal-hal duniawi ketika berhasil diangkat menjadi pemimpin hendak melayani masyarakat Papua harus melayaninya dengan bekerja Jujur, Taat, Dengar-dengaran dan Takut akan Tuhan, mengikuti terang anugerah, sebab itulah jalan benar yang ditempuh yaitu Yesus Kristus

Jangan sesat di dunia,
Ikutlah t'rang anugerah
Jalan benar yang kau tempuh
Itulah kristus tuhanmu

Pada ayat kedua, I.S. KIJNE menasehati orang Papua agar terus bersemangat untuk maju memperjuangkan harta kehidupan baka yang disediakan oleh TUHAN karena disana akan dibayar upah yang besar kepada mereka yang memperjuangkan kebenaran dengan sabar dan taat walau ditimpa beban berat karena itulah mahkota kekal.


Maju tetap dan capailah
Harta kehidupan baka
Upah perjuangan baka
Itu mahkota alhayat

Papua, apa yang engkau gumuli, apa yang engkau doakan, majulah tetap dan capailah sekalipun berat jalanmu, tetapi bersandarlah pada YESUS KRISTUS RAJA ORANG YAHUDI itu, pegang jubah-Nya erat-erat dan berdirilah di garis perjanjian berkat dan teguhkan dirimu bersama ISRAEL sebab dari ISRAEL akan timbul berkat dan kutuk sehingga TUHAN berjanji bahwa barang siapa mengutuk ISRAEL dia akan dikutuk dan barang siapa memberkati ISRAEL dia akan diberkati, sebab oleh ISRAEL semua kaum di muka bumi mendapat berkat, Papua diberkati dengan berkat yang melimpah karena Papua telah menjalankan perintah TUHAN dengan berdiri memberkati ISRAEL
KEJADIAN 12:3
Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."

BILANGAN 6:22-27
TUHAN berfirman kepada Musa:
"Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka:
TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.
Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka."

BILANGAN 24:1a
Ketika dilihat Bileam, bahwa baik di mata TUHAN untuk memberkati Israel,

1 Timotius 6:12
Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

Papua, Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah kehidupan kekal, karena alasan itulah Papua Tuhan panggil dari jauh, datang segera dari negeri timur ujung bumi dengan melambaikan panji-panji untuk mengikrarkan kebenaran Tuhan bagi bangsa-bangsa di muka bumi sebagai saksi. Inilah kebangkitan Papua yang dijanjikan.
Yesaya 5:26

Ia akan melambaikan panji-panji kepada bangsa yang dari jauh, dan akan bersuit memanggil mereka dari ujung bumi; sesungguhnya mereka akan datang dengan segera, dengan cepat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOMINEE I. S. KIJNE MENINGGALKAN TIGA PESAN PENTING SEBAGAI DASAR KEBANGKITAN PAPUA BAGI TUHAN YAKNI, DIDIKLAH ANAK-ANAK PAPUA UNTUK: PAGI BERPIKIR, SIANG BEKERJA DAN MALAM BERNYANYI

Oleh Frank Hamah Sagrim      Didiklah anak-anak Papua untuk pagi berpikir, siang bekerja dan malam bernyanyi, sebab anak-anak P...