Jumat, 01 Desember 2017

ORANG YANG MEMBERKATI ISRAEL DAN PAPUA ROH TUHAN HINGGAP ATAS DIA UNTUK MENCIPTAKAN SAJAK-SAJAK DAN SYAIR-SYAIR

Oleh
Frank Hamah Sagrim



Waktu Bileam mengukir Israel di atas batu karang di pegunungan Moab dan berkata ''BAIK DI MATA TUHAN UNTUK MEMBERKATI ISRAEL" kemudian Bileam melihat orang Israel berkemah menurut suku mereka maka Roh Tuhan hinggap di atasnya lalu Bileam menciptakan Sajak-Sajak.
Bilangan 24:1-3a Ketika dilihat Bileam, bahwa baik di mata TUHAN untuk memberkati Israel, ia tidak mencarikan pertanda lagi seperti yang sudah-sudah, tetapi ia menghadapkan mukanya ke arah padang gurun.
Ketika Bileam memandang ke depan dan melihat orang Israel berkemah menurut suku mereka, maka Roh Allah menghinggapi dia.
Lalu diucapkannyalah sanjaknya,

Waktu Domine I.S. KIJNE tiba di Papua, TUHAN menyatakan kepadanya untuk memberkati PAPUA maka KIJNE mendeklarasikan Peradaban Papua di atas batu karang yang kuat di Miei "DI ATAS BATU INI AKU MELETAKKAN PERADABAN BANGSA INI, SEKALIPUN ORANG LAIN DENGAN MARIFAT DAN KEPANDAIAN YANG TINGGI TIDAK DAPAT MEMIMPIN BANGSA INI TETAPI.BANHSA INI AKAN BANGKIT MEMIMPIN DIRINYA SENDIRI", Kemudia I.S. Kijne dari atas gunung Aitumieri memandang Papua dan melihat mereka berkemah (hidup) menurut suku mereka, maka Roh Tuhan menghinggapinya dan I.S. KIJNE menciptakan syair-syair Ny. SERULING MAS, SUARA GEMBIRA, MAZMUR DAN NYANYIAN ROHANI, DUA SAHABAT LAMA, TOM DAN REGY DI KOTA EMAS".
BILEAM dan I.S. KIJNE adalah orang yang matanya terbuka dalam menuturkan kata, tutur kata mereka adalah tutur kata orang yang mendengar firman Elohim, yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa sambil rebah, namun dengan mata tersingkap.
Bilangan 24:3-4 Lalu diucapkannyalah sanjaknya, katanya: "Tutur kata Bileam bin Beor, tutur kata orang yang terbuka matanya; tutur kata orang yang mendengar firman Elohim, yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa sambil rebah, namun dengan mata tersingkap.

Bileam memuja kemah Yakub-Israel dalam sajaknya - I.S. Kijne memuja Papua dalam syairnya di Buku Seruling Mas Nomor 2 Hai Tanahku Papua. ISRAEL dan PAPUA sama-sama sebagai tempat yang dibentangi banyak Lembah seperti LEMBAH YOSAFAT di ISRAEL dan LEMBAH BALIEM di PAPUA
Israel sebagai Pohon Aras di tepi air - Papua seperti Gaharu yang ditanam dengan tangan TUHAN di atas tanah Papua
Bilangan 24:5-6 Alangkah indahnya kemah-kemahmu, hai Yakub, dan tempat-tempat kediamanmu, hai Israel!  Sebagai lembah yang membentang semuanya; sebagai taman di tepi sungai; sebagai pohon gaharu yang ditanam TUHAN; sebagai pohon aras di tepi air.

Oleh karena itu maka I.S. KIJNE membungkus ISRAEL dan PAPUA dalam satu alas yang kuat dan baka yaitu Yesus Kristus dan bernyanyi bersama bangsa Papua dari negeri timur ke Israel dalam Nyanyian Rohani 167:1
Di atas satu alas, yang kuat dan baka
berdirilah gereja di tengah dunia,
yaitu yesus kristus, yang t'lah menjadikan jemaat dengan sabda dan air baptisan.

Jauh sebelum KIJNE mendirikan peradaban bangsa Papua di atas batu karang yang kuat, YESUS KRISTUS lebih dulu mendirikan Jemaat-Nya di atas batu karang yang kuat di Kaisarea Filipi.

Matius 16:18 Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Jemaat yang didirikan di atas batu karang yang kuat Maut tidak akan menguasainya - Peradaban bangsa Papua yang didirikan di atas batu karang yang kuat tidak akan dikuasai oleh bangsa manapun, walau mereka memiliki kepandaian dan marifat yang tinggi tetap tidak bisa.
Inilah rahasia itu dan hanya TUHAN dan Orang Papua saja yang mengetahu dan bisa melakukannya.
Dengan memaknainya maka DOMINEE I.S. KEIJNE Menulis dan bernyanyi bersama orang Papua dalam Nyanyian Seruling Emas No. 2:7
Syukur bagimu tuhan
Kau brikan tanahku
Bri aku rajin juga sampaikan maksudmu

2 Timotius 2:19 Tetapi dasar yang diletakkan Elohim itu teguh dan meterainya ialah: "Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya" dan "Setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan."


Orang yang bekerja di atas tanah Papua dengan Rajin, Taat, Dengar-dengaran, TUHAN akan menyampaikan maksud-maksud-Nya bagi Papua dan Israel kepada mereka. Study Hubungan Papua Israel dalam standard Penggenapan nubuatan Alkitab dan Nyanyian Rohani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOMINEE I. S. KIJNE MENINGGALKAN TIGA PESAN PENTING SEBAGAI DASAR KEBANGKITAN PAPUA BAGI TUHAN YAKNI, DIDIKLAH ANAK-ANAK PAPUA UNTUK: PAGI BERPIKIR, SIANG BEKERJA DAN MALAM BERNYANYI

Oleh Frank Hamah Sagrim      Didiklah anak-anak Papua untuk pagi berpikir, siang bekerja dan malam bernyanyi, sebab anak-anak P...